Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Kalender Weton



Fungsi Kalender Weton di www.enkosa.com - Kalender Weton Jawa merupakan penanggalan yang biasa digunakan oleh keturunan Jawa atau Masyarakat Jawa. Kalender Weton merupakan gabungan dari kalender Gregorian dan kalender Islam. Ada dua kategori hari dalam penanggalan Jawa, yaitu tujuh hari biasa seperti Senin sampai Minggu dan hari pasar.

  • Legi — Manis

  • Pahing — Pahit.

  • Pound — Persegi.

  • Upah — Cemeng.

  • Kliwon — Asih.

Nama-nama hari pasar tersebut adalah nama-nama pasar yang ada di Jawa, namun pasar ini hanya beroperasi pada hari-hari tertentu saja, seperti pasar legi atau pasar kliwon.

Fungsi Kalender Weton Jawa

Fungsi Kalender Weton Jawa adalah untuk memprediksi sifat atau nasib seseorang. Kepercayaan astrologi Jawa memiliki pemahaman bahwa kombinasi hari pasar dan hari kerja adalah siklus wetonan. Biasanya masyarakat yang menganut budaya ini akan melaksanakan Puasa Weton atau tradisi yang diyakininya. 

Kalender Jawa Weton

Pemegang tradisi budaya Jawa akan menggunakan penanggalan Weton Jawa untuk menentukan hari puasa weton, hari khitanan, hari pernikahan, bahkan hari memulai usaha baru. Dilansir dari beberapa sumber, ada 26 hari baik selama bulan Juni ini. 

Namun, kini tinggal 13 hari lagi yang bisa digunakan untuk membuat keinginan atau mewujudkan keinginan berdasarkan kepercayaan budaya Jawa. Jika sampai saat ini Anda masih belum memiliki pegangan untuk tanggal tahun ini, sebaiknya manfaatkan koleksi dari Weton. 

Tentunya ini bisa Anda gunakan untuk kebutuhan aktivitas sehari-hari Anda. Yang kita ketahui bahwa penanggalan Jawa sangat penting karena ada banyak hari baik yang dapat ditandai dengan penanggalan Jawa.

Apalagi bagi anda yang belum terlalu mengenal pasaran hari, karena desain template kalender jawa dilengkapi dengan hari pasaran seperti kliwon, legi, pahing, pon, dan upah. Untuk memudahkan Anda menandai hari yang merupakan salah satu agenda besar yang akan dilaksanakan, kalender ini dirancang khusus yang menggabungkan kalender Gregorian, Jawa, dan Hijriah.

Tentunya hal ini akan memberikan kemudahan bagi Anda semua yang membutuhkan ketiga jenis sistem kalender tersebut. Adapun penanggalan Jawa merupakan sistem penanggalan yang digunakan pada zaman Mataram, tepatnya pada masa raja sultan agung. 

Apa Yang Menarik Dari Kalender Weton Jawa?

Yang menarik dari penanggalan Jawa adalah menggabungkan beberapa sistem penanggalan menjadi satu yaitu sistem penanggalan Islam, penanggalan Hindu, dan penanggalan Julian yang lebih kita kenal sekarang Masehi yang pertama kali digunakan oleh bangsa barat.

Dalam penanggalan Jawa, dibagi menjadi beberapa hal yang didasarkan pada hari atau dino, bulan atau wulan, dan juga tahun. Dimana berikut ini beberapa penjelasan terkait hal tersebut, yang juga perlu Anda ketahui karena ini nantinya akan sangat berguna bagi Anda untuk menghitung berbagai hari baik. 

Banyak sekali manfaat menggunakan penanggalan jawa, salah satunya sebagai tanda untuk menggunakan perhitungan hari baik berdasarkan weton lahir. Berikut ini adalah beberapa contoh perhitungan hari keberuntungan menurut Kitab Primbon Jawa yang hingga saat ini diyakini turun temurun. 

Dalam pernikahan adat Jawa sebelum akad, biasanya kedua belah pihak akan menentukan hari baik. Dan saat ini masih banyak yang melakukan hal tersebut, namun bagi yang bisa berhitung sudah tidak banyak lagi, apalagi yang tinggal di perkotaan. 

Selain mencari hari baik untuk menikah, mereka yang akan menikah akan melakukan perjodohan berdasarkan weton kelahiran, yang biasanya menggunakan penanggalan Jawa untuk mengetahui weton ulang tahun. 

Adapun bagi anda yang ingin mencoba belajar dalam menghitung hari baik pernikahan dan juga ramalan jodoh berdasarkan primbon. Dari segi rezeki, entah itu akan bekerja atau berusaha mencari pekerjaan, Anda harus mengetahui hari-hari yang baik agar Anda bisa mendapatkan jenis pekerjaan yang sesuai dengan berat lahir Anda. 

Dan bagi anda yang masih bingung bagaimana cara menghitung hari yang baik untuk mencari rezeki, baik jam maupun hari, sebaiknya anda mempelajari perhitungannya dengan menggunakan penanggalan jawa juga. Demikian artikel tentang fungsi kalender weton.


Posting Komentar untuk "Fungsi Kalender Weton"