Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Spesifikasi 3 Jenis Mobil SUV dari Suzuki

Mobil Sport Utility Vehicle akhir-akhir ini memang sedang menjadi trend. SUV banyak diminati karena karakternya yang kuat dan fleksibel untuk berbagai penggunaan.

Dalam hal ini, pabrikan otomotif besar seperti Suzuki tentu juga memiliki beberapa produk mobil SUV. 

Setidaknya, ada 3 jenis mobil SUV dari Suzuki yang terbaru sudah dikeluarkan Suzuki hingga saat ini, dan cukup populer di pasaran. Kira-kira, apa saja jenis-jenis mobil SUV milik Suzuki tersebut? Berikut ini penjelasannya.

Mobil SUV dari Suzuki

Suzuki XL7

XL7 merupakan salah satu jenis mobil SUV dari Suzuki yang terbaru. Model Suzuki XL7 ini diharapkan mampu bersaing di pasaran dengan mobil jenis lainnya. 

Mesin yang dipakai oleh mobil ini sama dengan Suzuki Ertiga, di mana mesinnya sudah dibekali K15B DOHC dengan kapasitas 1.462 cc.

Mesin XL7 pun kini juga sudah dibekali tenaga sebesar 103,3 dk di 6.000 rpm, sedangkan pada torsi 138 berada pada 4.400 rpm. Selain itu, agar dapat digunakan di berbagai medan, XL7 dirancang dengan ground clearance yang lebih tinggi, yaitu 200 mm. 

Dimensi yang dimiliki oleh mobil Suzuki jenis ini pun juga lebih lebar. Spesifikasi panjang, lebar dan tingginya masing-masing adalah 4.450 mm, 1.775 mm dan 1.710 mm. XL7 juga sengaja dirancang menggunakan fitur-fitur yang sangat canggih, salah satunya dibekali dengan fitur smart e-mirror.

Smart e-mirror merupakan spion tengah yang berfungsi merekam setiap kejadian di bagian depan maupun belakang mobil. Namun, fitur ini hanya ada di mobil varian Alpha. Selain itu, dari segi keamanan, XL7 juga memiliki ABS and ABD, sensor parkir, ISOFIX dan dual SRS Airbag.

Suzuki Jimny

Mobil SUV milik Suzuki yang lainnya adalah Jimny. Suzuki Jimny juga dikenal sebagai salah satu mobil jeep fenomenal karena sejak pertama diluncurkan sampai sekarang peminatnya tetap banyak. Jimny generasi keempat (JB74) yang diperjualbelikan di Indonesia adalah jenis Short Wheelbase.

Spesifikasi yang dimiliki oleh Suzuki Jimny tentu sangat menarik. Mobil Suzuki jenis ini ditenagai oleh mesin bensin yang berkapasitas 1462 cc. Selain itu, saat ini Jimny juga tersedia dalam dua jenis transmisi, yakni otomatis dan manual. Kedua transmisi tersebut disesuaikan dengan variannya.

Transmisi otomatis mobil ini dibekali 5 speed, sedangkan manual hanya memiliki 4 speed. Suzuki Jimny juga memiliki seater dengan panjang 3.625 mm dan lebar 1.645 mm. Selain itu, ground clearancenya sekitar 210 mm dan wheelbasenya 2.250 mm.

Tenaga yang dikeluarkan oleh Suzuki Jimny mampu mencapai 102 hp dengan torsi sebesar 130 Nm. Selanjutnya, tenaga-tenaga yang dimiliki tersebut akan disalurkan ke roda belakang menggunakan transmisi.

Meskipun Suzuki Jimny tahun 2019 dikenal memiliki dimensi kecil, namun mobil tersebut telah menggunakan ladder frame. Model ladder frame merupakan rangka yang banyak digunakan oleh mobil SUV besar di Indonesia.

Suzuki Vitara

Suzuki Vitara merupakan salah satu jenis mobil SUV yang memiliki desain sangat menarik, apalagi kendaraan tersebut juga terkenal sekali dengan kenyamanannya yang luar biasa. Daya angkut yang ditawarkan juga lebih tinggi daripada mobil jenis lain sekelasnya.

Vitara diproduksi oleh perusahaan yang ada di Jepang yang kemudian dipasarkan secara global. Mobil Suzuki Vitara ini telah ada sejak tahun 1998 dan nama dari Vitara sendiri pun banyak mengalami perubahan seiring berjalannya waktu.

Vitara sebenarnya juga hanya dipakai dalam satu generasi saja dan di generasi selanjutnya sudah berganti nama. Suzuki jenis yang satu ini sudah dirancang menggunakan per keong seperti mobil sedan, sedangkan SUV kebanyakan masih menggunakan per daun di roda bagian belakangnya. 

Pada tahun 2006, pasar Indonesia telah dikenalkan dengan Suzuki Grand Vitara. Mesin pada mobil tersebut berkode J20A, yang memiliki tenaga sekitar 144 dk di 6.800 rpm. Torsi yang dimilikinya pun sekitar 183 Nm di 4.000 rpm.

Suzuki memang mengusung nama Vitara, namun pada dasarnya varian 4x4 tidak dibawa ke Indonesia. Meski demikian, DNA Vitara model lawas tetap dibawa, yaitu ban cadangan yang diletakkan di bagian tengah pintu belakang.

Memiliki mobil SUV atau sport memang merupakan impian bagi sebagian besar orang yang menyukai travelling. Namun, untuk memastikan mendapat produk terbaik, sebelum Anda membeli mobil SUV, lebih baik kenali dulu setiap spesifikasi yang dimilikinya.


Posting Komentar untuk "Review Spesifikasi 3 Jenis Mobil SUV dari Suzuki"