Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Software Desain Grafis Terbaik untuk Pemula

Software Desain Grafis Terbaik dan Terpopuler

Pada kesempatan ini saya akan membagikan 7 software desain grafis yang cocok digunakan untuk pemula, Desain grafis sendiri adalah salah satu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar sebagai media penyampaian informasinya, saat ini desain grafis banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Untuk mempelajari desain grafis, bagi pemula atau yang masih baru mengenal desain grafis sebaiknya kita bisa belajar dengan menggunakan macam-macam software desain grafis yang akan saya bagikan berikut ini. Saat ini mencakup keterampilan visual termasuk yang ada didalamnya seperti tipografi, ilustrasi, pengolahan gambar, dan tata letak. 

Orang yang berkerja di dalam bidang ini bisa disebut desainer grafis, tentunya kita harus menggunakan software desain terbaik dan terpopuler sebelum membuat visual yang keren. Berikut ini macam software desain gratis yang cocok digunakan untuk pemula hingga profesional.

1. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan salah satu software yang sering digunakan oleh desainer grafis yang sudah ahli hingga pemula, software ini menjadi salah satu software populer karna memiliki banyak fitur yang canggih, anda bisa menipulasi objek atau gambar dan bisa digunakan oleh seorang fotografer untuk mengedit foto hasil jepretannya agar dapat lebih terlihat menarik dan indah untuk dipandang.  Selain itu Adobe Photoshop juga sangat diandalkan bagi seorang desain grafis untuk membuat benner, desain logo, tipografi, dan kebutuhan desain lainnya. Bagaimana dengan anda? sudah menginstall Adobe Photoshop? jika belum segera install dan pelajari akan kaya fiturnya.

Fitur Photoshop:
  • Layers: Layer merupakan lapisan dari satu gambar atau foto yang sedang mau desain, tools ini berguna layanya pemotong kaca bening yang disusu secara tertumpuk untuk mempermudah proses desain.
  • Eyedropper: Eyedrpper digunakan untuk "mencuri" warna dari layer yang ada dengan mudah.
  • Fill atau paint bucket: Fill dapat berkerja layaknya anda menuang cat dalam salah satu lapisan layer anda. Selain warna anda bisa menggunakan fitur fill untuk mengisi pola ke layer.
  • Select dan mask: adalah fitur menghapus background foto dengan mudah atau objek utama tanpa background lalu biasanya dihubungkan dengan backgroun lainnya.
  • Integrasi dengan Adobe Fonts: Adobe menciptakan integrasi di antara berbagai aplikasi buatannya, salah satu jembatan di antara adobe photoshop adalah Adobe Font.
  • dll.

2. GIMP 

GIMP

GIMP sering kali disebut software alternatif atau pengganti dari Adobe Photoshop bagi pengguna Linux. GIMP dapat digunakan secara gratis, selain gratis GIMP juga bersifat open source yang dapat dikembangkan oleh siapapun. 

Software ini menjadi pilihan bagi pemula karna software desain grafis GIMP kaya akan fiturnya yang lengkap dan mudah digunakan untuk pemula. Kelebihan utama yang dimiliki software GIMP adalah tampilannya yang cerah dan modern, serta responsive tentunya dengan karakteristik ini sangat cocok digunakan oleh desainer pemula seperti saya.

3. CorelDraw

Graphic Design Software
Image Source: coreldraw.com


CorelDraw adalah salah satu software yang sangat populer dan juga banyak digunakan oleh seorang web designer maupun graphic designer, CorelDraw merupakan salah satu dari software desain vektor tanpa batas yang banyak diinstall orang. Karna CorelDraw masih mudah dipelajari, bahkan anda bisa mudah menemukan seseorang yang mendesain vektor menggunkan software ini. 

CorelDraw memiliki fungsi yang tidak dimiliki oleh software lainnya. Dengan menggunakan software CorelDraw, anda dapat memiliki kemudahan untuk mempunyai kontrol penuh untuk membuat sebuah hasil desain yang memuaskan dan menjadi lebih cepat serta dinamis. Jika menggunakan CorelDraw versi X5 ke atas, anda akan mendapatkan fitur inbuilt organizer (Corel CONNECT). 

Kelebihan CorelDraw:
  • Hasil gambar berbasis vektor lebih baik 
  • Kustomisasi tampilan antarmuka yang bagus
  • Desain software segar
  • Tersedia video tutorial
  • Adanya paket langganan atau lisensi software 
  • Dukungan format Import / Export yang banyak
  • Kemudahan dalam penggunaan
  • Tersedianya banyak tool, baik selection, editing, dan pemberian efek
Kekurangannya:
  • Belum tersedia untuk Mac
  • Cukup rumit untuk pemula
  • Navigasi software tidak mudah

4. Adobe InDesign 


Adobe InDesign adalah sebuah software desain grafis keluaran adobe yang menjadi unggulan dalam membuat layout desktop dan juga mobile. Adobe Indesign sendiri merupakan penyempurnaan dari software yang bernama Adobe pagemaker, tentunya dengan fitur yang lebih mudah digunakan. 

Dengan adobe InDesign perkejaan di bidang layout dapat dikerjakan dengan mudah karna bantuan software ini. Adobe InDesign sangat ideal bagi pengguna yang ingin mendesain layout seperti majalah online, brosur, atau majalah digital, dll. 

Kelebihan InDesign:
  • Kelebihan pertama Adobe InDesign ada fasilitas yang digunakan untuk proses membuat objek gambar tampak blur.
  • Di Adobe InDesign terdapat fasilitas Effect Photoshop (shadow, bevel, glow, dsb). Akan lebih mudah karna produk Adobe
  • Dapat Import dan menampilkan gambar transparant dengan sempurna.
  • Dapat import file dengan format pdf., ai., psd,. Jpg,. Doc, docx.
  • Tersedia fasilitas untuk membuat tabel.
  • Dan masih banyak lainnya
Kekurangan InDesign: 
  • Cukup terbatas untuk kebutuhan desian grafis bagi desainer grafis
  • Dukungan tools untuk desain kurang 
  • Penyesuaian untuk edit gambar terbatas

5. Inkscape: Draw Freely

Inkscape - Software Desain Grafis

Ink scape adalah software pengganti yang bisa anda gunakan untuk membuat vektor, para pengguna Linux banyak yang menggunakan Inkscape karna support di Linux OS, Windows, dan juga Mac. Inkscape sendiri menggunakan format file SVG., pengguna Inkscape ditunjukan untuk seseorang desainer yang sudah memahami dunia desain atau desainer grafis profesional, maupun bagi Freebuddies yang hanya ingin membuat gambar vektor, logo, sketsa, dan memberi warna pada gambar, atau bahkan desain ilustrasi dengan mudah.

Tampilan Inkscape yang sederhana membuat tampilan antar muka ini dapat digunakan untuk semua pengguna, selain itu kelebihan lainnya dari software ini adalah bersifat open source yang masih terus menerus dikembangkan.  

7. Google SkatchUp 

SkatchUp

Skatchup adalah software desain grafis yang ditunjukan untuk seseorang yang ingin mendesain 3D. Biasanya digunakan untuk mendesain seperti gedung, rumah, hotel, kantor, dan masih banyak lainnya. Kelebihan yang menonjol pada Google SkatchUp adalah pengguna dapat menggunakan Google Earth untuk memposisikan sebuah desain gedungnya. 

Berbagai macam software desain grafis dan fungsinya bisa kita pelajari satu persatu, karna untuk pemula sekalipun jika belajar akan mahir dan menjadi desainer profesional. Bagi anda yang ingin membaca artikel tentang Soal Desain Grafis untuk menambah ilmu tentang desain, bisa membuka alamat link tersebut. Semoga informasi diatas dapat membantu anda memilih software desain grafis sesuai kebutuhan, tentunya dengan adanya software desain grafis terbaik dan paling populer kita bisa menggunakannya secara maksimal. Terimakasih.

6 komentar untuk "7 Software Desain Grafis Terbaik untuk Pemula"