Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatur Cahaya Laptop dan PC dengan Cepat

Cara Mengatur Cahaya Laptop dan PC dengan Cepat

Mengatur keceharan layar monitor atau layar laptop bisa dilakukan menggunakan keyboard atau melalui control panel di Windows, jika anda menggunakan Windows 10 anda bisa mengaturnya dibagian display. Tetapi beberapa pengguna tidak bisa atau tidak mengerti cara mengatur cahaya laptop atau komputernya, biasanya masalah ini terjadi karna driver display atau driver vga belum terinstal di laptop dan pc yang ingin diatur cahayanya. Tidak usah khawatir anda bisa menginstall driver vga sesuai dengan vga yang anda gunakan, anda bisa mencarinya sendiri di internet. Disini hanya fokus bagaimana cara mengatur cahaya di pc atau laptop. Cara berikut ini bisa anda ikuti jika anda menggunakan Windows 7/8/10, langsung saja ke tutorialnya.

Jika anda menggunakan laptop dan menemukan tombol brightness up dan brigthness down pada keyboard anda bisa meneken tombol  tersebut untuk mengurangi kecerahan layar atau meningkatkan kecerahan layarnya. Tentunya setiap merk laptop tombol brightnessnya berbeda-beda tempat, jadi anda bisa mencari kurang lebih iconnya seperti gambar dibawah ini.

cara-mengatur-cahaya-laptop

Cara Mengatur Cahaya Laptop atau PC di Windows 10

Cara mengatur cahaya laptop dan pc di windows 10 bisa diatur melalui Control Panel dan juga pengaturan display di setting, karna windows 10 terus melakukan update setiap bulannya dan tahun ke tahun memiliki tampilan yang berbeda mungkin anda belum terbiasa. Pengaturan cahaya sendiri berada di bagian display, bagaimana cara mengaturnya? berikut ini tutorialnya:
  1. Petama anda klik icon Start (icon windows) yang berada dipojok kiri bawah, setelah itu klik Settings (icon gear) atau bisa langsung mencarinya dengan mengetikan "Settings", jika sudah terbuka selanjutnya pilih System

    Cara Mengatur Cahaya Laptop Windows 10

  2. Didalam System terdapat pengaturan Brightness atau pengaturan cahaya untuk laptop dan pc anda, silahkan pilih Display lalu dibagian Brightness and color geser ke kanan untuk meningkatkan cahaya, geser kekiri untuk mengurangi cayaha.

    Cara Mengatur Tingkat Kecerahan Layar di Windows 10

  3. Jika berhasil brightness akan berubah sesuai yang anda atur.
Jika cara diatas tidak berhasil dan cahaya masih belum berubah anda bisa menggunakan cara mengatur cahaya laptop dan pc melalui Action Center di Windows 10, disana terdapat pengaturan cahaya yang bisa anda atur cahanya sesuai keinginan anda. Berbeda dengan komputer atau pc, laptop sering dibawa keluar dan tentunya sering mengatur tingkat kecerahan layar karna dibawa terus. Ikuti cara berikut ini untuk mengatur cahaya laptop dan pc.

Cara Mengatur Cahaya Laptop Melalui Action Center

  1. Klik pada Action Center yang berada di pojok kanan bagian bawah atau bisa menekan Windows + A pada keyboard. 
  2. Disana terdapat pengaturan brightness yang bisa diubah kenan dan kekiri, untuk lebih lengkapnya anda bisa melihat contoh gambar dibawah ini 
    Cara Mengatur Cahaya Laptop Melalui Action Center
Itulah cara mengatur cahaya laptop dan pc dengan cepat, berikutnya untuk mengatur di windows 7.

Cara Mengatur Cahaya Laptop dan PC Windows 7

Hampir sama seperti mengatur brightness di Windows 10, di Windows 7 kita dapat mengubah dan mengatur cahaya laptop dan pc melalui Control Panel. Tepatnya berada di Power Options, berikut ini langkah-langkahnya:
  1. Klik Start yang ada dipojok kiri bawah, lalu klik Contol Panel seperti gambar berikut ini 

    Cara Mengatur Cahaya Laptop dan PC Windows 7

  2. Selanjut pilih atau klik Hardware and Sound 

    Cara Mengatur Cahaya Laptop dan PC Windows 7 dengan Mudah

  3. Kemudian klik Power Options, disana ada pengaturan brightness tepatnya ada dibagian bawah. 

    Cara Mengatur Cahaya Laptop dan PC Windows 7 dengan Mudah - Power Options - Brightness

  4. Geser ke slider screen brightness ke kanan untuk mencerahkan cahaya, dan geser kekiri untuk mengurangi cahaya laptop dan pc di windows 7 anda. 

    Cara Mengatur Cahaya Laptop dan PC Windows 7 dengan Mudah - Power Options - Brightness Screen
Itulah beberapa cara untuk mengatur cahaya laptop dan pc di semua windows, jika anda memiliki pertanyaan seputar mengatur cahaya laptop dan pc bisa berkomentar di postingan ini. Jika saya sempat akan saya balas pertanyaan anda, terimakasih semoga membantu. Baca Juga 2 Cara Melihat Jenis VGA di PC / Laptop Dengan Mudah jika masih belum ada pengaturan brightness atau saat tombol brightness pada keyboard diteken tidak berubah kemungkinan anda belum menginstall driver vga, solusinya adalah dengan cek vga anda kemudian jika sudah tau jenis vganya anda bisa mendownload drivernya, agar laptop atau pc anda bisa diatur cahayanya.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatur Cahaya Laptop dan PC dengan Cepat"