Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install dan Konfigurasi DNSCrypt di Debian dan Kali Linux

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan langkah - langkah instalasi DNScrypt di linux, karna masih banyak yang kebingungan cara Install DNSCrypt di Ubuntu khususnya di Debian dan juga Kali Linux. Untuk membahasnya lebih lanjut kita perlu mengikuti langkah-langkahnya dari awal. DNSCrypt sendiri merupakan sebuah protokol yang mengkripsi jalur sistem penamaan domain atau biasa disebut (DNS) dari komputer pengguna ke resolver DNS.

DNSCrypt

Langkah - Langkah Install dan Konfigurasi DNSCrypt di Debian dan Kali Linux:

  1. DNScrypt Proxy sudah tersedia di repisitory Debian  Buster dan juga Debian Sid, kita hanya perlu melakukan apt-get update dan install. Begitu juga dengan pengguna Kali Linux. Kalian bisa langsung install menggunakan perintah "sudo apt update && sudo apt install dnscrypt-proxy"
  2. Berikutnya Konfigurasi DNSCrypt Proxy, pastikan kalian sudah menginstall network-manager dan resolvconf. Jika anda belum menginstallnya silahkan jalankan perintah: "sudo apt update && sudo apt install resolvconf network-manager"
  3. Berikutnya kita perlu edit file konfigurasi dari DNScrypt, jalankan perintah: "sudo nano /etc/dnscrypt-proxy/dnscrypt-proxy.toml"
  4. Kalian dapat mengubah resolver maupun listening portnya dari service DNScrypt di file tersebut menggunakan List public resolver yang tersedia di situs berikut ini https://download.dnscrypt.info/resolvers-list/v2/public-resolvers.md
  5. Selanjutnya, kita atur agar nilai nameserver di resolv.conf tidak berubah "sudo nano /etc/resolv.conf.override" lalu tambahkan "nameserver 127.0.2.1" Sesuaikan sendiri dengan ip yang kalian tambahkan di dnscrypt-proxy.toml. Jika anda tidak mengubah apapun secara default atau bawaan maka listeningnya adalah 127.0.2.1. 
  6.  Lalu  buat script untuk mengganti isi dari resolv.conf di Network Manager "sudo nano /etc/NetworkManager/dispatcher.d/20-resolv-conf-override" dan tambahkan:
    #!/bin/sh
    cp -f /etc/resolv.conf.override /run/resolvconf/resolv.conf
  7. Terakhir kita perlu memberikan hak akses dari eksekusi ke file tersebut jalankan perintah "sudo chmod +x /etc/NetworkManager/dispatcher.d/20-resolv-conf-override".

Penutup:

Terakhir restart network manager menggunakan perintah "sudo service network-manager restart" terakhir, kalian bisa cek apakah DNS kalian sudah berubah atau belum. Kalian bisa gunakan dnsleaktest.com untuk itu. Dan anda bisa mencoba membuka situs yang diblokir oleh ISP.

Posting Komentar untuk "Cara Install dan Konfigurasi DNSCrypt di Debian dan Kali Linux"