Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Tahu, Inilah 7 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Wajib Tahu, Inilah 7 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya


Seiring perkembangan teknologi, banyak orang lebih memilih bekerja menggunakan laptop daripada komputer (PC). Itu karena laptop mudah dibawa ke mana-mana dan lebih praktis. Namun, apa yang terjadi jika laptop yang Anda gunakan menjadi lemot?

Laptop menjadi lemot bisa jadi disebabkan oleh banyak faktor. Oleh karena itu, Anda wajib tahu penyebabnya. Untuk lebih jelasnya tentang penyebabnya, langsung saja simak 7 penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya berikut ini.

Baca Juga: Penyebab Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

7 Penyebab Laptop Lemot yang Wajib Anda Tahu

Pastinya, sangat mengganggu jika laptop yang Anda gunakan untuk bekerja lemot sekali. Apalagi jika pekerjaan Anda menumpuk dan harus segera diselesaikan. Namun, Anda tidak perlu khawatir berikut adalah penyebab laptop lemot sekali.


  • Hard disk laptop Anda terlalu penuh bahkan mencapai 95% terpakai. Nah, jika laptop Anda tiba-tiba lemot, pastikan Anda  mengecek kapasitas hard disk.
  • Hard disk laptop Anda terlalu tua, hard disk yang lebih dari 3 tahun dapat membuat laptop lemot. Perlu Anda tahu, usia harddisk sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop.
  • RAM laptop yang kecil atau kurang dari 4 GB. Kapasitas RAM yang kecil bisa menjadi penyebab laptop lemot sekali.
  • Terlalu banyak menjalankan aplikasi atau software dalam waktu yang bersamaan atau multitasking software. Hal ini sangat tidak disarankan apalagi jika RAM yang Anda miliki kecil.
  • Laptop Anda diserang virus. Perlu Anda tahu, jika laptop Anda diserang virus bukan saja menjadi lemot melainkan juga bisa rusak. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat menggunakan file baik offline maupun online.
  • Selain diserang virus, penyebab laptop lemot lainnya adalah penggunaan antivirus yang aktif secara berlebihan. Itu karena antivirus yang terlalu aktif akan bekerja terus meskipun di background.
    Jadi, di layar laptop Anda seperti terlihat hanya 2 software yang bekerja tetapi kenyataannya ada 3 software. Adapun software ketiga yang dimaksud adalah antivirus.
  • Tidak rajin melakukan update OS atau sistem operasi laptop. Pastikan Anda rajin melakukan update sistem operasi, seperti update Windows atau Mac OS untuk Macbook.

Nah, itulah penyebab laptop lemot sekali yang perlu Anda ketahui. Tujuannya supaya Anda tahu cara mengatasinya sebelum Anda membawanya ke tempat service laptop.

Cara Atasi Laptop Lemot yang Perlu Anda Tahu

Tentunya setelah mengetahui penyebab laptop lemot, Anda ingin mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop lemot? Yuk, simak cara mengatasinya berikut ini.

1. Rutin Membersihkan Data di Drive C dan Desktop

Salah satu penyebab laptop lemot adalah hard disk yang terlalu penuh dengan data. Oleh karena itu, untuk mengatasinya Anda harus membersihkan data di drive C secara rutin. Anda juga dapat melakukan uninstall aplikasi atau software yang sudah tidak terpakai.

Selain itu, bersihkan juga aplikasi atau software yang ada di desktop. Rutin membersihkan data di laptop Anda dapat membuat kinerja laptop Anda ngebut lagi.

2. Mengganti Hardisk HDD dengan SSD

Bisa jadi laptop Anda menjadi lemot disebabkan kecepatan hard disk HDD yang kian melambat. Namun, itu dapat diatasi dengan cara mengganti hard disk HDD dengan SSD. Perlu Anda tahu, penyimpanan SSD memiliki kecepatan yang maksimal dibandingkan HDD.

3. Upgrade atau Menambah RAM

Laptop menjadi lemot bisa juga disebabkan karena kapasitas RAM yang terlalu kecil. Oleh karenanya, jika masalah laptop lemot karena RAM yang kecil, Anda dapat menambah atau melakukan upgrade RAM.

4. Hindari mengoperasikan Software atau Aplikasi dalam Waktu yang Bersamaan

Memang sangat tidak disarankan untuk menjalankan aplikasi atau software lebih dari 3 dalam waktu yang bersamaan. Itu karena dapat membuat performa laptop menjadi melambat bahkan lemot.
Oleh karena itu, hindari mengoperasikan software lebih dari 3 aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Pilih software yang benar-benar Anda butuhkan saat bekerja dengan laptop.

5. Pasang Antivirus yang Sesuai

Laptop yang lemot bisa jadi disebabkan karena adanya virus. Nah, virus ini merupakan penyakit dari laptop dan komputer (PC). Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada antivirus untuk mengatasinya. Pastikan Anda menggunakan antivirus yang sesuai dan tidak berlebihan.

Tersebut adalah cara atasi kinerja  laptop yang semakin melambat bahkan menjadi lemot. Jadi, Anda tidak perlu panik saat laptop Anda lemot. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah cari tahu dulu penyebab laptop lemot, kemudian cari tahu cara mengatasinya.

Posting Komentar untuk "Wajib Tahu, Inilah 7 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya"