Google Stadia Resmi Meluncur, Harga dan Cara Mendownloadnya

Google Stadia
Sumber Gambar: commons.wikimedia.org

Semakin berkembangnya dunia game, menarik banyak perusahaan teknologi untuk turut masuk dalam industri ini. Google menjadi salah satu yang akhirnya ikut terjun. Dengan diluncurkan Google Stadia, Google ingin menunjukan komitmennya bersaing di dunia game.

Stadia dikembangkan oleh Google selama bertahun-tahun. Sebagai platform gaming yang baru, Stadia memberikan pengalaman bermain game yang sedikit berbeda. Pada 19 November 2019, platform ini resmi dirilis, dan terus mengalami pembaharuan hingga saat ini.

Mengenal Stadia, Cloud Gaming Pertama

Stadia merupakan inovasi pada platform game. Google Stadia adalah cloud gaming pertama di dunia. Sebagai gambaran, bayangkan Anda berlangganan Netflix, tapi layanannya adalah game.
Anda bisa bermain game di berbagai perangkat yang dimiliki tanpa harus membeli console maupun mendownload game. Anda akan bermain game secara streaming. 
Game berjalan di data center Google yang merupakan komputer berspesifikasi tinggi. Server Google akan melakukan semua pemrosesan dan mengirimkan tampilan permainan pada perangkat milik Anda melalui cloud. 

Stadia bisa dijalankan di TV dengan tambahan perangkat Chromecast Ultra. Untuk PC, hanya butuh browser Google Chrome. Sedangkan untuk smartphone, bisa diakses melalui sebuah aplikasi yang khusus tersedia di Pixel dan Android.

Perangkat smartphone yang sudah support diantaranya adalah: seri Samsung Galaxy S8 - Samsung Galaxy S20 Ultra, seri ASUS ROG Phone I-II, seri Pixel C - 4XL.

Karena sistemnya streaming, dibutuhkan internet berkecepatan cukup tinggi untuk bisa mengaksesnya secara optimal. Dengan kecepatan internet minimal 35 mbps, Anda bisa menikmati gameplay beresolusi 4K dengan HDR dan juga 5,1 surround sound pada 60fps.

Sayangnya, Google Stadia Indonesia saat ini belum tersedia. Stadia baru tersedia di 14 negara, diantaranya USA, Canada, UK, Prancis, Italia, Jerman, Spanyol, Swedia, Denmark, Norwegia, Finlandia, Belgia, Irlandia, dan Belanda. 

Harga Stadia dan Cara Mendownloadnya

Sekarang ini, Stadia Premiere Edition tersedia dengan harga $ 129 / £ 119. Bundel ini dilengkapi dengan Chromecast Ultra untuk bermain di TV, controller berwarna putih, dan juga langganan Stadia Pro selama tiga bulan.  Paket Stadia Pro bisa didapatkan dengan berlangganan seharga $ 9,99 / £ 8,99 per bulan. Pada paket ini Anda akan bisa menikmati kualitas grafis yang lebih bagus. Kualitas gambarnya 4K / 60fps / HDR dengan suara surround 5.1.

Untuk bisa mendapatkan Stadia, tidak perlu mendownload software tertentu. Anda hanya perlu membuka browser Google Chrome terbaru, kemudian masuk stadia.com. Pastikan Anda sudah berlangganan.

Cara Kerja Stadia

Anda perlu berlangganan Stadia terlebih dahulu. Akses game melalui perangkat Anda. Game akan dijalankan melalui server jarak jauh milik Google.
Game yang sudah dijalankan pada server jarak jauh Google tersebut kemudian akan disambungkan ke perangkat milik Anda. Tampilan game dan controller yang digunakan akan tersinkronisasi pada perangkat Anda. 

Ibaratnya, Anda sedang menyewa PC game berspesifikasi tinggi, tapi bisa diakses secara jarak jauh. 
Pada dasarnya tidak dibutuhkan controller khusus untuk bermain game di Stadia. Keyboard dan mouse yang Anda miliki sudah bisa digunakan. Namun jika ingin bermain dengan controller Stadia, tersedia juga beberapa jenis yang bisa Anda beli.

Stadia saat ini menggunakan sistem berlangganan. Setelah berlangganan, Anda akan bisa memainkan Google Stadia game yang tersedia dalam katalog.

Pada tahun 2020, rencananya akan dikeluarkan Opsi Stadia Base. Untuk layanan ini, Anda tidak akan berlangganan secara bulanan. Anda harus membeli game dengan harga penuh, namun bisa menjalankannya dengan sistem Stadia.

Google Stadia bisa menjadi platform alternatif bagi para gamers. Anda bisa mendapatkan experience berbeda. Selamat menunggu platform ini masuk ke Indonesia. 

Belum ada Komentar untuk "Google Stadia Resmi Meluncur, Harga dan Cara Mendownloadnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel