Apa Itu Teknologi 5G, Kelebihan serta Kekurangannya

Apa Itu 5G?

Setelah teknologi 4G, beberapa tahun terakhir ini, pembahasan mengenai teknologi 5G semakin gencar. Fifth generation dari internet seluler ini menjanjikan kecepatan download 10-20 kali lebih cepat dibandingkan saat ini. Untuk tahu lebih jelas mengenai generasi kelima dari internet seluler ini, simak informasi berikut.

Teknologi internet 5G merupakan  teknologi generasi kelima dari standar teknologi seluler yang lebih hebat dibandingkan dengan 4G LTE. Teknologi tersebut, direncanakan akan diluncurkan tahun 2020 untuk sistem operasi seluler.

Konektivitas dari 5G menjanjikan kecepatan pengunduhan dan pengunggahan lebih cepat dengan jangkauan luas dan lebih stabil. 

Jika dibandingkan dengan 4G LTE, 5G memiliki kecepatan yang lebih baik. 4GH memiliki kecepatan rata-rata sekitar 45 Mbps. Sedangkan 5G memiliki kecepatan unduh dan penelusuran sekitar 10-20 kali lebih cepat. Dengan kecepatan yang tinggi tersebut, Anda bahkan bisa mengunduh film beresolusi HD dalam waktu sekitar 1 menitan. Namun, kecepatan yang akan Anda peroleh tergantung dari operator. Mulai dari pita spektrum yang dipergunakan, dana investasi dan juga tiang pemancar yang baru.

5G ini menggunakan gelombang radio sebagai media untuk mengirimkan data. Gelombang tersebut terbagi menjadi jenis frekuensi yang berbeda untuk tipe komunikasi tertentu. Misalnya untuk siaran televisi, sinyal navigasi maritim, mobile data dan aeronautical.

Penggunaan frekuensi tersebut diregulasi oleh ITU atau International Telecommunication Union. Dari frekuensi yang sudah teregulasi tersebut, teknologi generasi lima ini dapat terkoneksi ke peralatan tertentu seperti mobil, telepon dan peralatan rumah tangga.

Menariknya, alat yang berbasis 5G terutama di dunia kedokteran memungkinkan ahli bedah dapat melakukan operasi dari jarak yang jauh. Bahkan, petugas medis yang minim pengalaman bisa menjahit luka dan membuat sayatan berdasarkan pada instruksi dari ahli yang bekerja di tempat lain.

Pengertian 5G, serta Kelebihan dan Kekurangannya
Plus Minus 5G

Walaupun terdengar menarik dan memberikan banyak manfaat, namun teknologi koneksi internet seluler 5G memiliki kelebihan dan kekurangan. Plus minus teknologi 5G yang harus diketahui yaitu:

Keunggulan 5G:

  • Kecepatan data yang lebih stabil dan signifikan dari 4G.
  • Bisa terkoneksi dengan alat.
  • Memiliki jeda yang minim ketika proses transfer data terjadi. 5G memiliki jeda transfer 1 mili detik. Sedangkan 4G mencapai 50 mili detik. 
  • Minimnya gangguan saat pengoperasian gawai berteknologi tinggi karena  jeda transfer data yang kecil.
  • Lebih efektif dan efisien.
  • Mampu mengumpulkan semua jaringan dalam 1 platform.
  • Mudah dikelola.
  • Memungkinkan untuk memberikan data penyiaran yang lebih besar. Koneksi 5G ini juga memungkinkan untuk mendukung lebih dari 60 ribu koneksi.
  • Memungkinkan pendeteksian bencana lebih cepat. Misalnya deteksi bencana tsunami dan gempa.

Kelemahan 5G:

  • Biaya yang besar bahkan bisa mencapai 3x lipatnya terutama untuk pengembangan infrastrukturnya. Ini disebabkan karena kecepatan 5G lebih cepat 10x daripada 4G.
  • Radiasi tinggi dari sinyal radio yang dipancarkan. Dikhawatirkan, karena radiasi tersebut, dapat berpengaruh pada kesehatan seperti pemicu kanker.
  • Masih dalam proses dan diteliti mengenai visibilitasnya.
  • Kecepatan teknologi yang dipergunakan diklaim susah untuk dicapai. Hal ini disebabkan karena dukungan teknologi di sebagian besar negara tidak kompeten.
  • Masalah privasi dan keamanan dari pengguna 5G.
  • Banyaknya device yang kurang mendukung/compatible dengan koneksi 5G. Akibatnya, jika Anda ingin menggunakan koneksi 5G, maka Anda harus menggunakan perangkat baru.

Penutupan:

Itulah sekilas informasi mengenai teknologi 5G dan plus minusnya. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda terutama mengenai teknologi terbaru saat ini.


Belum ada Komentar untuk "Apa Itu Teknologi 5G, Kelebihan serta Kekurangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel