Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Essay TKJ Kelas XII Beserta Jawaban

TKJ atau biasa disebut jurusan Teknik Komputer Jaringan, adalah jurusan SMK yang mempelajari tentang networking. Tidak hanya instalasi Sistem Operasi saja, seorang siswa TKJ harus pintar dalam merancang jaringan komputer. Pada kesempatan ini saya akan memberikan Contoh Soal Essay TKJ Kelas XII berserta jawabannya, soal dan pembahasan ini bisa menjadi referensi anda untuk belajar agar lebih pinter lagi. Selain itu anda bisa membaca artikel tentang 50 Contoh Soal Produktif TKJ Kelas XII Beserta Jawabannya. Tentunya kita sering menemukan soal pilihan ganda dan juga essay dalam semua pelajaran di sekolah.

Soal Essay TKJ Kelas XII Beserta Jawaban

5 Soal Essay TKJ Kelas XII Beserta Jawaban:

1. Sebutkan perbedaan antara Software dan Hardware?

Jawaban: Prangkat Lunak dalam bahasa inggris disebut Software, merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin komputer dalam menjalankan pekerjaannya. Sedangkan hardware adalah perangkat keras komputer atau komponen fisik pada komputer yang digunakan untuk oleh sistem untuk menjalankan suatu perintah yang telah diprogramkan.

2. Sebutkan Pengertian Simplex, Half Duplex, dan Full Duplex?

Jawaban: 

Simplex adalah salah satu bentuk komunikasi antara dua belah pihak, di mana sinyal-sinyal dikirim secara satu arah. Transmisi secara simplex terjadi di dalam beberapa teknologi komunikasi, seperti siaran televisi atau siaran radio.

Half-duplex merupakan sebuah mode komunikasi di mana data dapat ditransmisikan atau diterima secara dua arah tapi tidak dapat secara bersama-sama. Contoh paling sederhana adalah walkie-talkie, di mana dua penggunanya harus menekan sebuah tombol untuk berbicara dan melepaskan tombol tersebut untuk mendengar. Contoh lain adalah Hub.

Full Duplex dalam komunikasi full-duplex, dua pihak yang saling berkomunikasi akan mengirimkan informasi dan menerima informasi dalam waktu yang sama, dan umumnya membutuhkan dua jalur komunikasi.

3. Sebutkan Pengertian dari Sistem Operasi pada Komputer?

Jawaban: Sistem Operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak(Software).

4. RJ adalah kepanjangan dari?

Jawaban: RJ singkatan dari Register Jack adalah standard peralatan pada jaringan yang mengatur tentang pemasangan kepala konektor dan urutan kabel, yang digunakan untuk menghubungkan 2 atau lebih peralatan telekomunikasi (Telephone Jack) ataupun peralatan jaringan (Computer Networking).

5. Untuk Merakit Komputer Kita Perlu Menyiapkan?

Jawaban: Untuk merakit komputer kita harus menyiapkan Central Processing Unit (CPU) dan Motherboard, Random Access Memory (RAM), CPU Cooler, Kartu Grafis (VGA card), Power Supply, Kotak Casing, serta Sistem Operasi dan Obeng.

Posting Komentar untuk "Soal Essay TKJ Kelas XII Beserta Jawaban"