Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan IP Address dan MAC Address

perbedaan antara mac address dan ip address

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang perbedaan antara IP Address dengan MAC Address, banyak yang belum mengerti perbedaan antara kedua ini. berikut ini penjelasannya.

Pengertian IP Address 

IP Address adalah suatu alamat host atau komputer yang berbeda diperangkat yang akan terhubung ke jaringan baik itu menggunakan jaringan wireless nirkabel atau tanpa kabel maupun wired menggunakan kabel. Contoh penulisan IP Address terbagi menjadi 4 bagian contohnya 172.16.0.6 192.168.1.1 dan masih banyak lagi, setiap bagian memiliki rentang dari 0 hingga 255.  pada IP ini terdapat aturan bahwa IP network dan IP broadcast tidak bisa digunakan jadi pada blok network 192.168.0.0 subnetmask 255.255.255.0.

IP Address biasa juga disebut Alamat IP (Internet Protocol Address) disingkat IP adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit. IP Address juga merupakan identitas dari sebuah komputer dalam jaringan internet.

Pengertian MAC Address

MAC Address adalah alamat perangkat keras dari suatu perangkat yang mengacu kepada produsennya, MAC Address artinya (Media Access Control Address), MAC Address merupakan alamat unik yang mimiliki panjang bit 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, dan lain-lain dalam jaringan. Berikut ini adalah contoh penulisan MAC Address 00:1B:B9:EE:EA:3F ada juga yg menulisnya  00-1B-B9-EE-EA-3F.

Perbedaan antara IP Address dan MAC Address

Perbedaan antara MAC Address dan IP Address adalah pada layernya, MAC berada di layer 2 data link sedangkan ip address berada di layer 3 network. MAC address merupakan alamat fisik dari sebuah perangkat jaringan, sedangkan IP Address merupakan alamat logic perangkat jaringan. Alamat fisik merupakan alamat yang sifatnya unik dan hanya ada satu di dunia, hingga tidak dapat diganti. Sementara alamat logic dapat diganti sesuai kebutuhan, jadi perbedaannya berada pada layer.